Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK

Monday, February 8th 2021. | Pendidikan, SD, SMA/K, SMP

Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK. Syarat dan jadwal PPDB SD SMP SMA SMK Tahun 2021.

Panduan Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK Tahun 2021. Catat jadwal dan syarat PPDB 2021.

Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK

Download juknis PPDB 2021 pdf, silahkan juknis PPDB tahun 2021 Anda unduh. Link download ada di bawah.

Sebelumnya, ayo gabung bersama rekan lainnya di Facebook www.forumguruindonesia.com, supaya Anda dapat mengikuti update informasi seputar dunia pendidikan berikutnya.

Jadwal pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK 2021, Permendikbud no 1 tahun 2021, Panduan cara pendaftaran PPDB SD SMP SMA SMK 2021.

Baca juga : Jadwal UTBK SBMPTN 2021

Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB TK SD SMP SMK SMA tahun 2021 telah dirilis oleh Kemendikbud dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Oleh sebab itu, PPDB SD SMP SMA SMK tahun ajaran 2021/2022 akan segera dibuka. Jadi, segera persiapkan berkas dan dokumen yang harus dilengkapi, supaya lancar saat mendaftar nanti.

Menurut Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang pelaqksanaan PPDB, sekolah penyelenggara PPDB yaitu untuk TK SD SMP SMA SMK.

Di halaman ini akan admin bagikan sedikit penjelasan apa yang dimaksud dengan PPDB TK SD SMP SMA SMK tahun ajaran 2021/2022, tentunya admin kutip dari Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Termasuk beberapa informasi yang terkait dengan jadwal pendaftaran sd negeri 2021/2022, pendaftaran sd negeri 2021, jadwal pendaftaran sd negeri 2021/2022.

Termasuk jadwal pendaftaran sma negeri 2021/2022, jadwal pendaftaran sma negeri 2021/2022, pendaftaran sma 2021/2022, ppdb online 2021 2022, kapan pendaftaran sma negeri 2021 dibuka.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA SMK D3 S1 S2

Berdasarkan Juknis PPDB TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2021, Yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Bahwa PPDB harus diselenggarakan berdasarkan azas Keadilan, Transparan, Akuntabel, Objektif, dan Nondiskriminatif, kecuali di sekolah yang secara khusus melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.

Berdasarkan juknis PPDB TK SD SMP SMA SMK Tahun 2021, syarat usia wajib dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir resmi legalisir.

Akta kelahiran harus dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa. Atau pejabat lain setempat yang berwenang sesuai domisili calon peserta didik.

Download Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK.

Selanjutnya admin bagikan beberapa informasi terkait dengan pendaftaran PPDB tahun 2021 Untuk TK SD SMP SMA SMK.

Baca juga : Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS 2021

Jadwal pendaftaran PPDB Tahun 2021 TK SD SMP SMA SMK

Tahapan Pelaksanaan pembukaan PPDB TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2021/2022.

Aturan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 tercantum dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK.

Menurut permendikbud No 1 Tahun 2021, bahwa pendaftaran PPDB Tahun 2021 TK – SMA/K akan dilakukan dengan mekanisme dalam jaringan (daring) online.

Cara pendaftaran PPDB 2021 dilakukan dengan meng-upload berkas dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan ke situs pendaftaran yang sudah ditentukan.

Jika tidak ada fasilitas jaringan internet, pendaftaran PPDB bisa dilakukan dengan mekanisme luar jaringan (luring), tentunya dengan melampirkan fotokopi dokumen persyaratan yang diperlukan.

Dalam SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dijelaskan bahwa Pusat Data dan Informasi Kemendikbud akan menyediakan bantuan teknis untuk daerah yang membutuhkan mekanisme PPDB secara daring.

Baca juga : CPNS 2021 Persyaratan Penerimaan Dan Cara Pendaftaran Untuk Lulusan SMA

Pendaftaran PPDB Tahun 2021 TK-SMA/K tetap dilaksanakan secara objektif, transparan, dan akuntabel (dapat dipertanggungjawabkan).

Ketentuan pendaftaran PPDB dilaksanakan tanpa diskriminasi, kecuali bagi sekolah yang memang khusus dirancang untuk melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.

Beberapa peraturan pelaksanaan PPDB Tahun 2021 menurut Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 mengenai PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Gratis download Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK.

Syarat Pendaftaran PPDB 2021 TK SD SMP SMA SMK

Tentunya sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat PPDB TK SD SMP SMA.

Berikut ini merupakan syarat peserta untuk dapat mendaftar PPDB tahun 2021.

  1. Syarat pendaftaran PPDB Calon Peserta Didik Baru jenjang TK

Calon peserta didik baru TK harus memenuhi persyaratan usia :

  • Minimal 4 (empat) tahun dan paling tinggi 5 (lima) tahun untuk kelompok A;
  • Minimal 5 (lima) tahun dan paling tinggi 6 (enam) tahun untuk kelompok B.
  1. Syarat pendaftaran PPDB Calon Peserta Didik Baru jenjang SD

Calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD harus memenuhi persyaratan usia :

  • 7 (tujuh) tahun atau paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Di dalam pelaksanaan PPDB, SD memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD yang berusia 7 (tujuh) tahun.
  • Persyaratan usia paling rendah tersebut dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan atau bakat istimewa dan juga kesiapan psikis.
  • Calon peserta didik yang memiliki kecerdasan atau bakat istimewa dan kesiapan psikis dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  • Di dalam hal psikolog profesional tidak tersedia, maka rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.
  1. Syarat pendaftaran PPDB Calon Peserta Didik Baru jenjang SMP

Calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP harus memenuhi persyaratan :

  • Berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan telah menyelesaikan kelas 6 (enam) SD atau bentuk lain yang sederajat.
  1. Syarat pendaftaran PPDB Calon Peserta Didik Baru jenjang SMA

Calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA atau SMK harus memenuhi persyaratan :

  • Usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP atau bentuk lain yang sederajat.
  • SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).

Persyaratan usia tersebut dibuktikan dengan :

Akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.

Persyaratan usia ini dikecualikan untuk sekolah dengan kriteria :

Menyelenggarakan pendidikan khusus, menyelenggarakan pendidikan layanan khusus, dan berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Unduh dan bagikan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK ini kepada rekan lainnya.

Jalur Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK Tahun 2021 2022

Mekanisme pendaftaran PPDB untuk SD, SMP, dan SMA TA 2021/2022. Jalur pendaftaran PPDB 2021 untuk TK-SMA/K meliputi jalur afirmasi, zonasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua/wali.

Jalur zonasi terdiri atas :

  • SD paling sedikit 70% (tujuh puluh persen) dari daya tampung sekolah;
  • SMP paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah; dan
  • SMA paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah.

Jalur afirmasi paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah.

Apabila masih ada sisa kuota dari jalur pendaftaran, Pemda bisa membuka jalur prestasi. Jalur prestasi ini tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 (satu) SD.

Ketentuan mengenai jalur pendaftaran PPDB 2021 dapat dikecualikan untuk sekolah sebagai berikut.

  1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
  2. Satuan pendidikan kerja sama.
  3. Sekolah Indonesia di luar negeri.
  4. Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus.
  5. Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus.
  6. Sekolah berasrama.
  7. Sekolah di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.
  8. Sekolah di daerah yang jumlah penduduk usia sekolah tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam 1 (satu) rombongan belajar.

Unduh Juknis PPDB 2021 dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK.

Tahapan Pelaksanaan Pendaftaran PPDB 2021 Untuk TK SD SMP SMA SMK

Jadwal pelaksanaan PPDB tahun 2021 terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut.

  1. Pengumuman pendaftaran PPDB 2021 TK SD SMP SMA SMK

Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru secara terbuka. Pengumuman pendaftaran paling lambat minggu pertama bulan Mei 2021.

  1. Pendaftaran PPDB 2021 TK SD SMP SMA SMK

Pendaftaran PPDB dilaksanakan dengan cara daring, yaitu mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan ke portal pendaftaran PPDB yang sudah ditentukan.

  1. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran PPDB 2021 TK SD SMP SMA SMK

Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemda tidak boleh menambah jumlah rombel (jika rombongan belajar yang ada sudah terpenuhi) atau menambah ruang kelas baru.

  1. Pengumuman penetapan peserta didik baru atau hasil seleksi PPDB 2021 TK SD SMP SMA SMK

Pengumuman hasil seleksi PPDB 2021 dan penetapan peserta didik baru dilakukan sesuai dengan jalur pendaftaran dalam PPDB.

Penetapan peserta didik baru dilakukan menurut hasil rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah dan ditetapkan melalui keputusan kepala sekolah.

  1. Daftar ulang dalam PPDB 2021 TK SD SMP SMA SMK

Daftar ulang dilakukan oleh calon peserta didik baru yang sudah diterima di sekolah. Daftar ulang bertujuan untuk memastikan statusnya sebagai peserta didik pada sekolah yang bersangkutan dengan menunjukkan dokumen asli yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan.

Demikian informasi terkait dengan download Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jadwal Syarat Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK.

Selain informasi seputar pendidikan di forumguruindonesia.com ini, subscribe channel youtube admin juga ya kawan. Klik juga tanda loncengnya.

Mohon bagikan informasi di halaman ini ke beberapa grup FB dan WA, semoga tambah berkah untuk Anda.

Terimakasih.

tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*